Wednesday, November 6, 2019

Macam-Macam Lensa Kamera yang Harus Diketahui dan Cara Merawatnya

Macam-Macam Lensa Kamera yang Harus Diketahui dan Cara Merawatnya
Macam-Macam Lensa Kamera yang Harus Diketahui dan Cara Merawatnya
Bagi seorang fotografer, kamera tentu menjadi 'senjata' utama saat bekerja. Kamera tentu akan bekerja dengan sempurna apabila dilengkapi dengan lensa yang sesuai kebutuhan. Lensa kamera merupakan mata dari sebuah kamera, sehingga kamera tidak akan dapat digunakan tanpa adanya lensa yang sesuai.

Lensa kamera bermacam-macam jenisnya, tetapi lensa yang sering dijumpai pada umumnya ada 2 yaitu lensa zoom dan lensa fix. Lensa zoom merupakan lensa yang memiliki (focal length) dengan rentang tertentu. Lensa zoom biasanya memiliki harga yang lebih mahal dibanding lensa fix.

Sedangkan lensa fix merupakan lensa yang memiliki fokus tunggal dan memiliki sudut pandang yang telah ditetapkan, seperti 15mm, 24mm, atau 200 mm dan lain-lain. Lensa fix sering juga disebut lensa prime. Lensa kamera memiliki banyak jenisnya tidak hanya lensa zoom dan lensa fix, dilansir rumahhoki.xyz dari beberapa sumber terdapat beberapa jenis lensa kamera lainnya, di antaranya:

Macam lensa kamera berdasarkan teknologinya

Lensa kamera analog
Lensa kamera analog merupakan lensa yang memerlukan pengaturan fokus secara manual. Lensa analog tidak memiliki fitur stabilisasi, sehingga jika tangan fotografer gemetar, maka hasil foto yang didapatkan akan blur (buram).

Lensa kamera digital
Lensa kamera digital merupakan lensa yang telah memiliki autofocus pada objek yang akan dibidik, sehingga pengguna tidak perlu lagi mengatur fokus secara manual. Lensa kamera digital telah memiliki image stabilizer sehingga dapat membantu fotografer mengurangi risiko mendapat gambar blur (buram).

Macam lensa kamera berdasarkan focal length

Lensa kamera wide angel
Lensa kamera wide angel merupakan lensa yang memiliki sudut pandang yang lebih lebar dengan focal length sekitar 20mm. Lensa ini dapat digunakan untuk memotret di ruang yang terbatas yang terbatas. Lensa ini dapat mengalami distorsi apabila digunakan sangat dekat dengan subyek.

Lensa standar (standard lens)
Lensa kamera standar memiliki focal length 35mm hingga 70mm. Umumnya lensa standar memiliki focal length 50mm. Lensa standar yang memiliki focal length 50mm, memiliki pandangan seperti mata manusia. Lensa kamera ini berukuran tidak terlalu besar, sehingga lebih fleksibel saat dibawa kemana-mana.

Lensa kamera medium telephoto
Lensa kamera ini memiliki focal length antara 80mm hingga 135mm, dan cocok digunakan untuk memotret portrait. Lensa kamera medium telephoto merupakan lensa yang ideal digunakan untuk memotret portrait, karena pada focal length 80 mm hingga 135 mm tidak akan terjadi distorsi.

Lensa kamera telepoto
Lensa kamera ini memiliki focal length antara 135 hingga 300mm dan memiliki jangkauan yang cukup jauh, sehingga sangat cocok untuk memotret satwa liar jarak jauh ataupun fotografi olahraga.

Lensa kamera super telepoto
Lensa kamera ini memiliki focal length lebih dari 300mm. Lensa ini digunakan oleh fotografer yang menginginkan lensa lebih dari telephoto. Fungsi dari kamera super telepoto ini mirip dengan lensa telepoto yaitu untuk memotret jarak jauh satwa liar atau fotografi olahraga.

Lensa kamera fish eye
Lensa kamera ini memiliki focus length sekitar 10mm. Lensa fish eye akan menghasilkan gambar yang unik berupa gambar melingkar yang menghubungkan antara sisi-sisi foto.

Lensa kamera ultra wide
Lensa kamera ini memiliki focal length yang sangat lebar antara 11mm hingga 14mm, dan memiliki efek mampu menangkap foto dengan luas cakupan hingga 126 derajat.

Macam lensa kamera berdasarkan bukaan diafragma

Lensa cepat (fast lens)
Lensa kamera cepat merupakan lensa kamera yang memiliki bukaan mulai dari f/1.2 hingga f/2.8. Kemampuan bukaan diafragma yang sangat besar ini dapat membuat lensa menerima cahaya yang jauh lebih banyak, sehingga shutter speed dapat bekerja lebih cepat tanpa mengorbankan ISO.

Lensa lambat (slow lens)
Lensa kamera dapat disebut lambat apabila bukaan yang dimiliki tidak terlalu besar, seperti lensa kit yang memiliki bukaan maksimum hanya di f/3.5 hingga 5.6 sehingga shutter speed yang digunakan mengikuti bukaan diafragma tersebut.

Cara Merawat Kamera

Lensa kamera merupakan kunci dari hasil foto sebuah kamera. Oleh karena itu, perlu memperhatikan perawatan lensa kamera agar awet dan tahan lama. Beberapa cara merawat lensa kamera:

Menggunakan kain pembersih khusus untuk membersihkan kamera
Membersihkan lensa kamera tidak dapat dengan sembarang kain, jangan pernah mencoba membersihkan lensa kamera dengan tissue wajah, karena walaupun telihat halus tetapi tissue wajah memiliki tekstur yang dapat menggores lensa kamera.

Menggunakan filter lensa
Penggunaan filter lensa sangat dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan. Seperti filter UV (ultra violet) yang bersifat netral digunakan oleh fotografer lapangan.

Lebih teliti saat membongkar pasang lensa kamera
Saat membongkar pasang kamera, perhatikan titik kunci pada lensa dan body kamera untuk menghindari terjadinya kerusakan pada kamera atau lensa akibat kesalahan saat membongkar pasang lensa kamera.

Menjaga kebersihan kamera
Menjaga kebersihan kamera merupakan hal yang utama dilakukan untuk merawat lensa kamera. Hindari menyentuh langsung lensa kamera dengan jari tangan, serta hindari membuka lensa kamera di tempat yang berdebu.

0 comments:

Post a Comment